Alquran Menyebut Kata 'Biji-bijian' 12 Kali, Sains pun Membuktikannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 614 2258248 alquran-menyebut-kata-biji-bijian-12-kali-sains-pun-membuktikannya-1aKoMNwoCG.jpg Ilustrasi (Foto: Pixabay)

BERBAGAI tumbuhan yang ada di dunia ini berasal dari bibit, atau biji-bijian khususnya bagi sayuran dan buah-buahan. Semakin maju perkembangan zaman, maka biji-bijian pun diolah dengan cara yang lebih kekinian.

Dikutip dari buku pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah karya Dr. Nadiah Thayyarah, kata biji-bijian di dalam Alquran sampai disebut sebanyak 12 kali. Enam di antaranya, yaitu:

"... serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulir ada seratus biji ...” .(QS. Al-Baqarah: 261).

“... suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan darinya biji-bijian, maka darinya pula mereka makan.” (QS. Yasin: 33).

".. tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak juga sebutir biji pun ...” (QS. Al-An‘am: 59).

Baca juga: Yuk Terus Semangat Belajar, Ilmu Bisa Jadi Amal Jariah Lho

“Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan...” (QS. Al-An‘am: 95).

“... yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan (tujuh) lainnya yang kering...” (QS. Yusuf: 46).

“.. apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkam di bulimya kecuali sedikit untuk kamu makan ...” (Yusuf: 47).


Lebih lanjut, kata-kata 'biji' dan 'bulir' seluruhnya disebut sebanyak 17 kali dalam Alquran. Kata 'biji' disebut lebih sedikit daripada kata 'kurma' yang disebut sebanyak 20 kali dalam Alquran.

Hal tersebut dianggap sebagai salah satu mukjizat Alquran, karena menempatkan 'biji' pada posisi penting sebagai unsur makanan, dan hal itu sejalan dengan prinsip dalam ilmu gizi modern.

Sesungguhnya salah satu jenis enzim yang bernama flavonoid alami terdiri atas 800 macam dan memiliki fungsi beragam sekaligus penting bagi kesehatan manusia. Ia berguna untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di jantung, otak, dan paruparu.

Enzim itu juga penting untuk menjaga kondisi pembuluh darah kapiler kecil yang berperan dalam pembuangan sisa-sisa jaringan sel yang mati, penyaluran oksigen dan gula ke seluruh jaringan sel, dan mencegah pembentukan radikal bebas yang dianggap sebagai biang keladi munculnya penyakit kanker.

Biji-bijian terdiri atas gandum, jelai, beras, burghul (jagung giling kasar), haver (oat), dan jagung. Biji-bijian itu kaya akan karbohidrat dengan kadar 70 persen dari bobotnya dan juga kaya akan protein serta rendah kandungan lemaknya. Ilmu gizi modern telah menegaskan pentingnya gandum serta jelai, dan itu sejalan dengan ayat-ayat Alquran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini