Ulama Ikut Atasi Kasus Covid-19 yang Terus Meningkat

Selasa 11 Agustus 2020 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 614 2260715 ulama-ikut-atasi-kasus-covid-19-yang-terus-meningkat-Sa0lC8QgOA.jpg Antisipasi persebaran virus corona (covid-19). (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

WABAH virus corona (covid-19) masih melanda hampir seluruh wilayah Indonesia. Langkah penerapan protokol kesehatan secara ketat pun terus dilakukan. Salah satu daerah yang mengalami pertambahan jumlah kasus terpapar covid-19 adalah Kabupaten Aceh Besar.

Meningkatnya jumlah kasus baru virus corona di Aceh Besar pasca-Idul Adha 1441 Hijriah mencapai 141 hingga 10 Agustus 2020. Kondisi ini akibat makin lemahnya kontrol dampak terbukanya akses antardaerah sehingga membuat pengambil kebijakan memperkuat kembali penanganan covid-19.

Baca juga: Mungkin Ini Penyebab Doa Kamu Belum Dikabulkan Allah Ta'ala 

Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab meminta kepada para alim ulama untuk ikut berperan aktif dalam usaha pencegahan persebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat.

"Usaha pencegahan persebaran covid-19 penting disosialisasiksn oleh seluruh elemen, termasuk alim ulama," ucap Husaini, dikutip dari situs resmi Kabupaten Aceh Besar, Selasa (11/8/2020).

"Menjaga keluarga, santri, murid, dan masyarakat adalah prioritas kita bersama dengan meminta terus-menerus mengikuti protokol kesehatan covid-19," tambahnya.

Baca juga: Celine Evangelista Dianggap Masuk Islam Usai Tulis Bismillah, Ini Syaratnya Jadi Mualaf 

Sementara Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Besar Teungku H Muksalmina A Wahab mengatakan sebagian masyarakat masih ada yang meragukan virus corona karena faktor informasi yang simpang siur.

"MPU akan terus-menerus memberikan pemahaman kepada masyarakat, baik melalui ceramah maupun terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala supaya segera diangkat penyakit tersebut," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tgk Saifullah AR, wakil pimpinan Dayah Ruhul Falah Samahani Aceh Besar, memberikan apresiasi kesatuan umara dan alim ulama dalam menyelesaikan persoalan umat terkait covid-19 serta menangkal informasi hoaks yang disebar oleh pihak yang kurang ilmu secara langsung maupun melalui media sosial.

"Pemerintah dan ulama juga harus menjadi penangkal informasi yang tidak benar agar masyarakat tidak mendapatkan informasi yang simpang siur," katanya.

Baca juga: Heboh Awan Tsunami di Langit Aceh, Ini Penjelasan Awan dalam Alquran 

Ilustrasi virus corona (Covid-19). (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya