Tak Mau Tertinggal Sholat Fardhu Tepat Waktu, Muslim di Sudan Sampai Gelar Karpet di Tepi Jalan

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 330 2463850 tak-mau-tertinggal-sholat-fardhu-tepat-waktu-muslim-di-sudan-sampai-gelar-karpet-di-tepi-jalan-MFnUgqfHUr.jpg Muslim di Sudan sholat fardhu tepat waktu walau di tepi jalan. (Foto: Ist)

SHOLAT fardhu merupakan sesuatu yang mutlak bagi kaum Muslimin apalagi sebagai laki-laki maka ada anjuran untuk sholat tepat waktu di masjid. Sholat adalah salah satu kebutuhan dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Ada sebuah cerita disampaikan Ustaz Ady Kurniawan Al Asyrofi dalam pesannya tentang sholat. Dia menuliskan di antara pemandangan yang indah di Sudan saat tiba waktu sholat, dengan cuaca yang panas terik matahari yang sangat menyengat.

Baca Juga: Begini Akibat Jika Bersandar Harapan dan Mencari Ridha kepada Manusia

"Engkau akan menemukan orang-orang berusaha semaksimal mungkin untuk sholat tepat waktu walau jauh dari masjid, engkau akan menemukan orang-orang sholat di tepi jalan atau di pasar sekalipun orang-orang akan menggelar karpet panjang untuk sholat berjamaah. Maa syaa Allah," ujarnya.

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم telah mengingatkan keutamaan sholat tepat waktu.

مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُورًا، وَبُرْهَانًا، وَنَجَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ نُورٌ، وَلَا بُرْهَانٌ، وَلَا نَجَاةٌ ، وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ قَارُونَ، وَفِرْعَوْنَ، وَهَامَانَ، وَأُبَيِّ بْنِ خَلَفٍ

Artinya: "Siapa saja yg menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yg tdk menjaga sholat, dia tdk akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf." (HR. Ahmad).

Baca Juga: Baru Hijrah Sudah Berdakwah, Bagaimana Pandangan Ulama?

Sementara keutamaan sholat tepat waktu:

1. Dicintai Allah 'azza wajalla

2. Badannya senantiasa sehat

3. Dijaga oleh malaikat

4. Diturunkan keberkahan untuk dirinya dan rumahnya

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Allah akan melembutkan hatinya

6. Dapat melalui jembatan Shiratal Mustaqim layaknya seperti kilat

7. Akan diselamatkan dari api neraka

8. Allah menempatkannya ke dalam golongan orang-orang yang Saleh.

 "Sekarang mari tanyakan pada diri kita, pada hati kita. Lalu bagaimana dengan sholat kita? Astaghfirullahal'adzim.  Semoga Allah berikan ampunan atas segala kelalaian kita.

غفر الله لي ولكم

(Semoga Allah mengampuni ku dan mengampuni kalian).

Aamiin yaa Rabb.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya