Tata Cara Sholat Hajat Lengkap Latin dan Artinya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 616 2479156 tata-cara-sholat-hajat-lengkap-latin-dan-artinya-SlZudQs7sf.jpg Ilustrasi tata cara sholat hajat lengkap latin dan artinya. (Foto: Freepik)

TATA cara sholat hajat lengkap latin dan artinya sebaiknya diketahui kaum Muslimin. Sholat hajat sendiri merupakan sholat dua rakaat yang dilakukan ketika memiliki keinginan dari Allah Subhanahu wa ta'ala, atau kepada sesama, atau bahkan bisa juga meminta kesembuhan dari suatu penyakit.

Dikutip dari laman Rumaysho, Kamis (30/9/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menerangkan bahwa sholat hajat dilakukan dua rakaat sebagaimana pendapat dari ulama Malikiyah, Hambali, dan masyhur dalam pendapat Syafi’iyah. Pelaksanaan sholat hajat tidak ada waktu khusus dan jumlah dua rakaat sama seperti sholat sunah lainnya, tidak ada tata cara khusus.

Baca juga: 3 Keutamaan Sholat Hajat, Dicintai Allah hingga Bersama Rasul di Surga 

Sebelum menunaikan sholat hajat harus suci dari hadas kecil maupun besar, menutup aurat, menyucikan badan, pakaian dan tempat sholat dari najis, serta menghadap kiblat.

Adapun tata cara sholat hajat adalah sebagai berikut urutannya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Ilustrasi tata cara sholat hajat lengkap latin dan artinya.

1. Niat sholat hajat. Cukup diungkapkan dalam hati.

2. Takbiratul ikhram, dilanjut membaca doa iftitah.

3. Membaca Surah Al Fatihah.

4. Membaca surah dalam Alquran.

5. Rukuk secara tumaninah.

6. Iktidal (bangun dari rukuk) secara tumaninah.

7. Sujud secara tumaninah.

Baca juga: Ini Bukti Keajaiban yang Didapat dari Sholat Hajat 

8. Duduk di antara dua sujud secara tumaninah.

9. Sujud kedua secara tumaninah.

10. Tata cara sholat hajat rakaat kedua sama dengan rakaat pertama, dan dilanjutkan dengan salam.

Langkah-langkahnya sama dengan ketika melaksanakan sholat dua rakaat, hanya niatnya yang berbeda.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa Setelah Sholat Hajat

Terkait doa setelah sholat hajat, sebagaimana pernah disampaikan oleh ulama asal Indonesia yaitu Syekh Nawawi al Bantani dalam kitabnya 'Nihayatuz Zain' menyebutkan sebuah doa yang biasa dibaca saat sholat hajat. Doa tersebut berasal dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الحَلِيمُ الكَرِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَلِيُّ العَظِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْمِ والحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Laa ilaaha illallahul halimul karim. Laa ilaaha illallahul aliyyul adhim, subhanallahu rabbil arsyil adhim, walhamdu lillahi rabbil alamin

"Tiada Tuhan selain Allah yang santun dan pemurah. Tiada Tuhan selain Allah yang maha tinggi dan agung. Mahasuci Allah, Tuhan Arasy yang megah. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

Baca juga: Doa Sholat Hajat Bisa Juga untuk Meminta Kesembuhan 

Setelah membaca doa tersebut, bisa juga membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضىً إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni as’aluka muujibati rahmatik wa azaaima maghfiratik wal ghanimata min kulli birrin was salamata min kulli ismin. laa tada’ li dzanban illa ghafartah wa laa hamman illa farrajtah wa laa hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin

"Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Mulia. Maha Suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang Maha Pengasih."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Beserta Waktu Pelaksanaannya 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya