Dzikir Setelah Sholat Fardhu Lengkap dengan Terjemahan, Arti, dan Faedahnya

Hantoro, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 618 2488212 dzikir-setelah-sholat-fardhu-lengkap-dengan-terjemahan-arti-dan-faedahnya-Q6SSwsoE5w.jpg Ilustrasi dzikir setelah sholat fardhu. (Foto: Shutterstock)

DZIKIR setelah sholat fardhu merupakan amal salih yang sebaiknya selalu dilakukan. Ada keutamaan besar bagi kaum Muslimin yang mengerjakannya. Jadi ketika selesai menunaikan sholat fardhu secara berjamaah di masjid, jangan langsung berlalu. Rutinkan dzikir, istigfar, dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dari laman Rumaysho, Senin (18/10/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal menerangkan bahwa dzikir setelah sholat fardhu bakal menguatkan seorang Muslim dalam ibadah. Hati akan terasa tenang serta mudah mendapatkan pertolongan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Adapun dzikir setelah sholat fardhu adalah sebagai berikut.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Senin 18 Oktober 2021M/11 Rabiul Awal 1443H 

1. Membaca istigfar tiga kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ (3x)

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Astagh-firullah 3x

Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom.

Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah." (3x)

“Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Faedah: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika selesai dari shalatnya beliau beristighfar sebanyak tiga kali dan membaca dzikir di atas. Al Auza’i menyatakan bahwa bacaan istighfar adalah astaghfirullah, astaghfirullah. (HR Muslim Nomor 591)

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Senin 18 Oktober 2021M/11 Rabiul Awal 1443H 

2. Dzikir setelah sholat fardhu dibaca sekali

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Allahumma laa maani’a limaa a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.

Artinya: "Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan." (HR Bukhari Nomor 844 dan Muslim Nomor 593)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Dzikir setelah sholat fardhu dibaca sekali

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Laa hawla wa laa quwwata illa billah. Laa ilaha illallah wa laa na’budu illa iyyaah. Lahun ni’mah wa lahul fadhlu wa lahuts tsanaaul hasan.

Laa ilaha illallah mukhlishiina lahud diin wa law karihal kaafiruun.

Artinya: "Tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujaan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci."

Faedah: Dikatakan oleh ‘Abdullah bin Zubair, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca tahlil (laa ilaha illallah) di akhir shalat. (HR Muslim Nomor 594)

Baca juga: Pemerintah Negosiasi Intensif agar Jamaah Umrah Indonesia Tidak Perlu Vaksinasi Booster

4. Dzikir setelah sholat fardhu masing-masing dibaca 33 kali

سُبْحَانَ اللهِ (33 ×)

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (33 ×)

اَللهُ أَكْبَرُ (33 ×)

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Subhanallah (33x)

Alhamdulillah (33x)

Allahu akbar (33x)

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya: "Maha Suci Allah (33x), segala puji bagi Allah (33x), Allah Maha Besar (33x). Tidak ada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Faedah: Siapa yang membaca dzikir di atas, maka dosa-dosanya diampuni walau sebanyak buih di lautan.( HR Muslim Nomor 597)

Kata Imam Nawawi rahimahullah, tekstual hadits menunjukkan bahwa bacaan Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu akbar, masing-masing dibaca 33 kali secara terpisah. (Lihat Syarh Shahih Muslim, 5: 84)

Baca juga: Ustadz Das'ad Latif: Selamat Tim Thomas Indonesia 

5. Membaca Ayat Kursi sekali

Membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat fardhu. Faedahnya, siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian. (HR An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadis ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram)

Baca juga: Ingat! Libur Maulid Nabi Muhammad SAW Bukan Besok, tapi 20 Oktober 

6. Membaca surah-surah pendek sekali

Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq, dan An-Naas setiap selesai sholat fardhu. Faedahnya, tiga surat ini disebut mu’awwidzot. (HR Abu Daud Nomor 1523 dan An-Nasai Nomor 1337. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan)

Baca juga: Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Ustadz Adi Hidayat: Alhamdulillah, Selamat 

7. Dzikir setelah sholat fardhu dibaca sekali

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyiba, wa ‘amalan mutaqobbala

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (Dibaca setelah salam dari shalat Shubuh) (HR Ibnu Majah Nomor 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadis ini shahih)

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya