4 Keutamaan Surah Yunus, Baca di Alquran Digital Okezone

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 330 2506013 4-keutamaan-surah-yunus-baca-di-alquran-digital-okezone-JcXApgAn5e.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Yunus, selengkapnya bisa baca di Alquran Digital Okezone. (Foto: Freepik)

KEUTAMAAN Surah Yunus baik diketahui setiap Muslim. Surah Yunus sendiri berada di urutan ke-10 dalam kitab suci Alquran. Surah ini memiliki arti "Nabi Yunus Alaihissallam" dan terdiri dari 109 ayat. Selengkapnya bisa baca di Alquran Digital Okezone.

Surah Yunus dinilai cukup unik, karena diturunkan di dua kota, yakni Makkah dan Madinah di Arab Saudi. Secara umum Surah Yunus diturunkan di Makkiyah; kecuali ayat 40, 94, dan 95 yang diturunkan di Madinah setelah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan para sahabat hijrah.

Surah Yunus memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui oleh umat Islam. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Keutamaan Surah Al Anfal, Baca di Alquran Digital Okezone 

1. Doa keselamatan perempuan hamil

Keutamaan Surah Yunus ini ada di ayat 31. Pasalnya ayat tersebut dapat digunakan sebagai doa untuk keselamatan bagi perempuan yang sedang hamil. Bacalah secara istikamah setelah mendirikan sholat fardhu. Maka atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala, perempuan tersebut akan melahirkan tanpa kesulitan, sehingga baik ibu maupun sang bayi pun akan selamat dan sehat.

قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ۚ فَسَيَقُولُونَ اللَّهُ ۚ فَقُلْ أَفَلَا تَتَّقُونَ

Artinya: "Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan? Maka mereka akan menjawab: 'Allah.' Maka katakanlah: 'Mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya)?'." (QS Yunus: 31)

Baca juga: Keutamaan Surah Al A'raf, Baca di Alquran Digital Okezone 

2. Terhindar dari mimpi buruk

Keutamaan Surah Yunus ini ada di ayat 64. Ayat tersebut dipercaya bisa melindungi kaum Muslimin dari gangguan setan serta jin jahat sehingga terhindar dari mimpi buruk. Bacalah ayat 64 Surah Yunus sebelum tidur, niscaya Allah akan menjagamu saat tertidur. Adapun isi ayat tersebut adalah sebagai berikut:

لَهُمُ الْبُشْرَىٰ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۚ لَا تَبْدِيلَ لِكَلِمَاتِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya: "Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar." (QS Yunus: 64)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Dapat mencegah sihir

Keutamaan Surah Yunus ini ada pada dua ayat, yakni ayat 80 dan 81. Pasalnya, ayat tersebut dapat digunakan untuk mencegah sihir dan biasa dijadikan dalam bacaan ruqyah. Adapun bunyi kedua ayat tersebut adalah sebagai berikut:

فَلَمَّا جَاءَ السَّحَرَةُ قَالَ لَهُمْ مُوسَىٰ أَلْقُوا مَا أَنْتُمْ مُلْقُونَ

فَلَمَّا أَلْقَوْا قَالَ مُوسَىٰ مَا جِئْتُمْ بِهِ السِّحْرُ ۖ إِنَّ اللَّهَ سَيُبْطِلُهُ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُصْلِحُ عَمَلَ الْمُفْسِدِينَ

Artinya: "Maka tatkala ahli-ahli sihir itu datang, Musa berkata kepada mereka: 'Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan.' Maka setelah mereka lemparkan, Musa berkata: 'Apa yang kamu lakukan itu, itulah yang sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan ketidakbenarannya.' Sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang-yang membuat kerusakan." (QS Yunus: 80–81)

Baca juga: 2 Keutamaan Surah Al An'am, Baca di Alquran Digital Okezone 

4. Penyembuh penyakit

Keutamaan Surah Yunus ini ada di ayat 57. Sebab, ayat tersebut dapat dijadikan sebagai media untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit. Sebagaimana yang tercantum dalam ayat 57:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS Yunus: 57)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 4 Keutamaan Surah Al Maidah, Baca di Alquran Digital Okezone 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya