Ingin Memuliakan Orangtua di Surga, Remaja Desa Ini Ingin Jadi Pengajar Alquran

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 614 2512739 ingin-memuliakan-orangtua-di-surga-remaja-desa-ini-ingin-jadi-pengajar-alquran-9ib8LpYgPA.jpg Ilustrasi kisah remaja penghafal Alquran. (Foto: Freepik)

DALAM ajaran agama Islam, orang yang mampu menghafal ayat-ayat suci Alquran memiliki kedudukan istimewa. Maka itu, setiap Muslim berlomba-lomba menjadi hafiz atau penghafal Alquran.

Inspirasi untuk menjadi penghafal Alquran bisa datang dari mana saja, seperti dialami Fahmi Salim. Remaja berusia 15 tahun ini berkeinginan menjadi pengajar Alquran. Cita-citanya tersebut datang saat ia sedang mendengarkan tausiyah dari Ustadz Adi Hidayat melalui YouTube.

Baca juga: Alquran Surah Al Baqarah Ayat 1-286 Lengkap Bacaan Latin serta Artinya 

Kisah Fahmi Salim remaja penghafal Alquran asal Kebumen. (Foto: Daarul Quran)

Remaja asal Kebumen, Jawa Tengah, ini mengatakan ketika itu tausiyah UAH membahas keutamaan penghafal Alquran. Dia bisa membawa keluarganya ke surga.

"Dari situlah muncul keinginan dari saya untuk menjadi penghafal Alquran yang kelak menularkan ilmunya kepada masyarakat," kata Fahmi dalam keterangannya yang diterima MNC Portal, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ungkap Gunung Selalu Bergerak Dinamis 

Fahmi merupakan salah seorang santri baru di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Brebes. Hafalan Alquran-nya kini sudah mencapai tujuh juz dalam waktu empat bulan.

Ia mengatakan, keyakinan untuk menghafal Alquran adalah pilihan terbaik untuk hidupnya. "Dengan menghafalkan Alquran, saya bisa memuliakan bapak dan ibu kelak di akhirat," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian Fahmi tidak segan untuk menerima teguran dari teman dan gurunya ketika menjumpai rasa malas. "Saya selalu bilang sama teman-teman, bahkan ustadz juga, tegur saya jika sedang futur. Tidak apa-apa, itu adalah pengingat saya," tegasnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Barangsiapa yang membaca (menghafal) Alquran, maka sungguh dirinya telah menyamai derajat kenabian hanya saja tidak ada wahyu baginya (penghafal). Tidak pantas bagi penghafal Alquran bersama siapa saja yang ia dapati dan tidak melakukan kebodohan terhadap orang yang melakukan kebodohan (selektif dalam bergaul) sementara dalam dirnya terdapat firman Allah." (HR Hakim)

Baca juga: Alquran Surah Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Bacaan Latin dan Artinya 

Kemudian dalam riwayat hadis lainnya, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…' Kemudian Anas berkata lagi, 'Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?' Baginda manjawab, 'Yaitu ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Quran dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah'." (HR Ahmad)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Cerita Haru Tobatnya TNI Marwan, Kini Miliki 12 Anak dan Salah Satunya Hafiz Quran 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya