Share

Tips dari Nabi agar Sholat Tidak Mengkhayal, Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 616 2547690 tips-dari-nabi-agar-sholat-tidak-mengkhayal-ini-kata-ustadz-khalid-basalamah-EkZMfc4uVm.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. (Foto: YouTube Ammar TV)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan tidak bisa dimungkiri terkadang saat menunaikan ibadah sholat pikiran tidak fokus alias mengkhayal entah ke mana. Alhasil, sholat pun jauh dari khusyuk.

Manusia tidak ada yang pernah tahu kapan maut akan menjemput, kecuali hanya Allah Subahanahu wa ta'ala. Untuk itu sudah sepatutnya manusia melaksanakan sholat dengan baik guna menjadi bekal di akhirat kelak. Hal ini pun sudah pernah diutarakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam kepada para sahabat.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 15 Februari 2022M/14 Rajab 1443H 

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam seringkali berujar kepada sahabat-sahabat sebelum menjalani ibadah sholat. Nabi tidak pernah henti-hentinya mengimbau agar melaksanakan sholat dengan khusyuk, seolah itu sholat terakhir yang dikerjaan dalam hidup.

"Sholatlah kalian dan anggap ini adalah sholat terakhir kalian, sholat perpisahan kalian, anggap setelah salam kita akan mati," ujar Ustad Khalid Basalamah mengulangi sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, dikutip dari kanal YouTube Ilmu Mekkah dan Madinah, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Viral Ceramah Wayang Haram, Ini Klarifikasi Lengkap Ustadz Khalid Basalamah 

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, jika saja seseorang divonis memiliki usia yang tinggal menghitung hari, pastilah orang itu akan sangat memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Termasuk dalam hal ibadah.

Padahal, ajal manusia sudah ditetapkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Tidak perlu menunggu sampai menderita penyakit berat untuk bisa beribadah dengan khusyuk.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Khalid Basalamah kembali mengingatkan tentang sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengenai peringatan ibadah.

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabada bahwa orang cerdas adalah mereka yang memaksakan diri dan mengatur pola hidupnya dalam ibadah, serta punya persiapan apa yang dihadapi setelah kematian nanti," paparnya.

Baca juga: Kisah Taubatnya Malik bin Dinar, Manusia Zalim yang Berubah Menjadi Ahli Hadis Shahih 

Baca juga: Cokelat Valentine Haram Dimakan Seorang Muslim, Benarkah? 

Pada Intinya, umat Islam sudah seharusnya ingat akan kematian. Ya, ingatlah maut sudah ditetapkan dan bisa sewaktu-waktu tiba. Oleh karena itu, mulailah beribadah dengan khusyuk seakan itu kesempatan terakhir beribadah di dunia.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini