Alquran dan Sains: Jaring Laba-Laba Lebih Kuat dari Baja dengan Ukuran Sama

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 614 2258712 alquran-dan-sains-jaring-laba-laba-lebih-kuat-dari-baja-dengan-ukuran-sama-TIn9WjcDQv.jpg Jaring laba-laba. (Foto: Unsplash)

MENURUT penelitian para ilmuan ternyata benang laba-laba lebih kuat dari baja. Laba-laba diabadikan dalam Alquran tentunya karena memiliki keistimewaan. Buku Alquran versus Sains Modern menurut Dr Zakir Naik menjelaskan jaring laba-laba yang menjadi inspirasi para ilmuwan.

Laba-laba memiliki struktur yang terorganisasi rapi seperti kristal, memiliki ketahanan terhadap air, dan mempunyai kekuatan lima kali lebih besar ketimbang baja dengan ukuran yang sama. Jaring laba-laba juga dua kali lebih lentur dibandingkan serat nilon.

Baca juga: Gempa, Teguran Sekaligus Bukti Kasih Sayang Allah Ta'ala 

Jaring laba-laba bahkan dianggap lebih kuat dari baja. Kemudian kekuatan jaring laba-laba dinilai hanya dikalahkan kuarsa meleleh.

Oleh karena itu, para ilmuwan menyebutnya baja biologis atau biobaja. Dikarenakan kuatnya serat pada jaring laba-laba, sehingga dikembangkan sebagai bahan tekstil tahan peluru, bodi mobil, penguat material komposit untuk peralatan elektronik dan bahan pesawat terbang.

Jaring laba-laba. (Foto: Istimewa)

Laba-laba juga disebutkan dalam Alquran Surah Al Ankabut Ayat 41:

مَثَلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوْلِيَآءَ كَمَثَلِ ٱلْعَنكَبُوتِ ٱتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ ٱلْبُيُوتِ لَبَيْتُ ٱلْعَنكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

"Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui." (QS Al-Ankabut: 41)

Baca juga: Burung Jadi Inspirasi bagi Manusia, Tercatat dalam Alquran dan Diakui Sains 

Dikutip dari akun Youtube Visio Inspira, Jumat (7/8/2020), ternyata lemahnya rumah laba-laba bukan terletak dari benangnya, akan tetapi laba-laba betina selalu membunuh pejantannya setelah terjadi proses pembuahan.

Mereka juga mamakan tubuh pasangannya tersebut, dan laba-laba akan berebut makanan bahkan memakan saudaranya hingga hanya beberapa anak laba-laba yang tersisa. Cara hidup seperti inilah yang membuat rumah laba-laba disebut sebagai rumah paling lemah atau rapuh.

Meskipun disebutkan dalam Alquran bahwa rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba, dalam buku Alquran versus Sains Modern disebutkan bahwa laba-laba membuat jaring jebakan yang amat kuat untuk mencari mangsa yang terperangkap.

Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan perumpamaan, di mana kehidupan seseorang bisa rapuh apabila dibangun tanpa dasar iman dan Islam. Cepat atau lambat pertahanan itu akan rusak seiring besarnya angin fitnah yang bertiup dan semakin jauh dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Asal-usul Besi dalam Surah Al Hadid 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini