Mengimani Kandungn Isi Al-Quran Tidak Boleh Pilih-Pilih

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 330 2417781 mengimani-kandungn-isi-al-quran-tidak-boleh-pilih-pilih-WneuDiZgRl.jpg Al-Quran adalah panduan hidup kaum Muslimin. (Foto: Freepix)

JAKARTA -  Al-Quran ibarat ruh kehidupan sehingga tanpa Al-Quran, kehidupan umat muslim bagaikan jasad tanpa ruh. Begitulah arti dan makna penting Al-Quran bagi kaum Muslimin hingga kapanpun juga.

 Bahkan Allah Ta'ala menegaskan pentingnya posisi Al-Quran melalui peristiwa Lailatul Qadar agar umat muslim senantiasa mengingat dan dekat dengan Al-Quran.

 “Saya yakin tidak ada peristiwa yang dalam syariat kita diperingati secara kolosal, bahkan dikhususkan ibadah kecuali bahwa Allah menginginkan pada kita untuk mengingat suatu peristiwa Lailatul Qadar di mana Alquran diturunkan,” jelas Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Fathurrahman Kamal.

Fathurrahman menjelaskan bahwa kata ganti dalam ayat pertama Surah Al-Qadr merujuk pada Surah Al-Alaq yang menegaskan soal Al-Quran dan Lailatul Qadar.

“Al-Quran adalah ruh bagi kita. Juga dikatakan Alquran adalah cahaya bagi kita. Ibarat tanpa cahaya, seseorang akan menghadapi banyak ketimpangan dalam kehidupan,” terangnya dikutip dari laman Muhammadiyah pada Senin (31/5/2021).

Berkenaan dengan Al-Quran, mengimaninya ayat-ayat yang ada di dalamnya pun menurut Fathurrahman harus total.

Seorang yang mengimani kekuasaan Allah dalam fenomena alam sepatutnya juga mengimani Alquran dengan menghindari berbagai larangan yang disebutkan di dalamnya.

“Pertanyaannya adalah apakah keimanan kita pada kalamullah itu juga paralel dengan hukum-hukum yang seharusnya ada di realitas kehidupan kita? mengapa kita percaya pada fenomena bulan yang mengalami gerhana tapi tidak percaya dengan ayat-ayat Allah misalkan larangan untuk melakukan zina, larangan untuk membunuh, larangan untuk minum khamr. Ini pertanyaan yang sangat penting,” jelasnya.

“Kalau kita percaya pada ayat-ayat yang ada di alam semesta, tapi kemudian kita mengabaikan ayat-ayat Allah yang sesungguhnya masuk dalam jantung kehidupan kita, maka sesungguhnya kita adalah orang-orang yang belum percaya bahwa sesungguhnya Alquran adalah Kalamullah,” terang Fathurrahman

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya