Keutamaan Surat Al Qadr Mengungkap Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 330 2471046 keutamaan-surat-al-qadr-mengungkap-keistimewaan-malam-lailatu-qadar-CTSd5SwM0m.jpg Keutamaan Surat Al Qadr menjelaskan keistimewaan Malam Lailatul Qadar. (Foto: Freepik)

KEUTAMAAN Surat Al Qadr menjelaskan tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar yang terjadi pada 10 malan terakhir di Bulan Ramadhan. Allah pun menjanjikan pahala dan ampunan bagi para hambanya di malam yang lebih baik daripada 1000 bulan.

Surat Al Qadr terdiri dari 5 ayat juga bercerita tentang peristiwa turunnya Alquran pada malam Lailatul Qadar. Surat Al Qadr sendiri termasuk golongan Makkiyah dan merupakan surat yang ke-97 di dalam Alquran.

Baca Juga: 5 Penjelasan Ulama Mengapa Syariat Islam Berat Dilaksanakan

Surat Al Qadr jika diartikan maka berarti "Kemualian" karena surat ini menggambarkan kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar ini terdapat pada ayat ke-4 

تَنَزَّلُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَالرُّوۡحُ فِيۡهَا بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ‌ۚ مِّنۡ كُلِّ اَمۡرٍ

Tanaz zalul malaa-ikatu war roohu feeha bi izni-rab bihim min kulli amr

Baca Juga:  Jemput Jodoh Syari di Bantul Sudah 200 Pasangan Menikah

"Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan." (QS. Al Qadr: 4) 

Berdasarkan ayat keempat, dapat diketahui bahwa Allah menurunkan para malaikat untuk mengamini doa dari orang-orang yang menjalankan amalan dan ibadah pada malam tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda.

Sementara amalan yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar pun beragam, mulai dari membaca Surat Al Qadar, menunaikan sholat, membaca Alquran, berzikir, dan melakukan amalan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya