Keutamaan Surah Al Quraisy Ayat 1-4 Berisi Kemuliaan dari Allah Ta'ala

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 330 2472954 keutamaan-surah-al-quraisy-ayat-1-4-berisi-kemuliaan-dari-allah-ta-ala-O9Zn5lwKi4.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Al Quraisy. (Foto: Unsplash)

KEUTAMAAN Surah Al Quraisy sangatlah besar. Surah Quraisy memiliki arti "Suku Quraisy". Quraisy merupakan surah ke-106 di dalam kitab suci Alquran dengan memiliki 4 ayat. Surah Quraisy termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Nama Quraisy diambil dari lafaz Quraisy yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Artinya adalah Suku Quraisy. Surah Makkiyah ini berisi peringatan kepada orang-orang Quraisy tentang nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka. Quraisy merupakan suku terpilih yang mendapat kehormatan menjaga Kakbah.

Baca juga: Kisah Bule Mantap Masuk Islam Gegara Tak Sengaja Temukan Alquran 

Adapun keutamaan Surah Quraisy, Imam Al-Baihaqi meriwayatkan tentang khilafiyah dari Ummu Hani' binti Abu Thalib bahwa sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Allah mengutamakan Suku Quraisy dengan tujuh karakter, di antaranya yaitu bahwa Allah menurunkan surat dalam Alquran untuk mereka. Kemudian Rasulullah membaca surat ini."

Ilustrasi keutamaan Surah Al Quraisy. (Foto: Shutterstock)

Kagumlah kalian pada kebiasaan Suku Quraisy, yaitu suku dari bangsa Arab yang paling agung yang berasal dari keturunan An-Nadhar bin Kinanah dan merupakan sukunya Nabi.

Kata "Iilaf" merupakan mashdar dari kata Alifa yaitu persembahan keramah-tamahan. Imam Hakim dan lainnya mengatakan bahwa hadis dari Ummu Hani' sebelumnya adalah untuk menjelaskan sebab turunnya surah.

Baca juga: Benarkah Ada Bagian Tubuh Manusia Tidak Hancur Usai Dimakamkan? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Dikutip dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala telah memuliakan Suku Quraisy. Dikarenakan kemenangan yang diberikan kepada mereka, hal itu disyukuri dengan beribadah kepada Allah, pemberi rasa aman dan rezeki makanan.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ (1) إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ (2) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (3) الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآَمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ (4)

Artinya: "Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Kakbah). Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan." (QS Quraisy: 1–4)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya