9 Tips Kecanduan Sholat, Nomor 4 Langsung Bikin Sadar Diri Sendiri

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 22 November 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 616 2505594 9-tips-kecanduan-sholat-nomor-4-langsung-bikin-sadar-diri-sendiri-dATvFIeIWt.jpg Ilustrasi tips kecanduan sholat. (Foto: Shutterstock)

SHOLAT adalah salah satu ibadah umat Islam. Ada sholat lima waktu yang bersifat wajib hingga sholat sunah dengan berbagai jumlah rakaat.

Sholat wajib atau fardhu lima waktu hendaknya dilaksanakan secara berjamaah di masjid bagi laki-laki. Sebab, tersimpan keutamaan besar bagi mereka yang mengerjakannya.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 22 November 2021M/16 Rabiul Akhir 1443H 

Berdasarkan riwayat dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pada suatu malam mengakhirkan Sholat Isya sampai tengah malam. Kemudian beliau menghadap kami setelah sholat, lalu bersabda:

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: "Sholat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding sholat sendirian." (HR Bukhari Nomor 645 dan Muslim 650)

Sholat. (Foto: Okezone)

Nah, untuk lebih menggiatkan melaksanakan ibadah sholat, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan kaum Muslimin. Berikut 9 tips supaya kecanduan melaksanakan sholat, sebagaimana dikutip dari unggahan akun Instagram @sahabatsurga, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Bermakna Salih hingga Beruntung, Ini 10 Rekomendasi Nama Anak Laki-Laki Islami 

1. Ketika azan berkumandang, bicaralah pada diri sendiri: "Saya Islam, saya sudah baligh." Ini mengingatkan diri sendiri bahwa kita sudah cukup umur, maka sholatlah sebagai rukun Islam yang sangat penting. Perbanyak amal salih untuk bekal bertemu Yang Maha Kuasa, dunia hanyalah sementara.

2. Ketika azan berkumandang, bawalah pikiran dan hati ke lokasi permakaman. Bayangkan dan berilah nasihat kepada diri sendiri. Siap atau belum siap, kita pasti jadi penghuninya, maka sholatlah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Malulah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, jangan sampai kita meninggalkan sholat karena setiap hari menikmati rezeki-Nya yang begitu banyak. Maka sholatlah sebagai tanda syukur kepada Allah Ta'ala.

4. Malulah pada diri sendiri. Jika melihat orang yang sudah uzur dan memiliki kekurangan fisik namun tetap melaksanakan sholat, mengapa diri sendiri yang sehat malah bermalas-malasan?

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Henna Bisa Jadi Obat Tertusuk Duri hingga Tumbuhnya Kutil 

5. Jadikan sholat sebagai kebutuhan. Sholat merupakan suatu nikmat, temukan kenikmatan itu. Setelah sholat, bersimpuh, bermunajat, serta mengadu dan curhat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Pasalnya, manusia membutuhkan kasih sayang dan ridho Allah Ta'ala.

6. Perbaiki sholat. Jika perbaiki sholat maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan memperbaiki hidup. Dengan sholat, Allah Subhanahu wa ta'ala akan membimbing langkahmu dan memberikan solusi serta rezeki dari arah yang tidak kamu sangka. Dan mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. (QS Al Baqarah: 45)

Baca juga: Masya Allah, Masjid Terapung Megah Segera Dibangun di Kalimantan Selatan 

7. Sujud itu indah. Kita berbisik ke bumi tetapi didengar hingga langit. Nikmati ketika sujud karena di akhirat kelak kenangan terindah di dunia adalah seberapa sering kita sujud kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dalam sholat.

Baca juga: Kisah Mualaf Tere, Berawal Mimpi Ditanya Siapa Tuhanmu dan Nabimu? 

8. Istirahat yang sesungguhnya bagi seorang mukmin adalah ketika salah satu kakinya menginjak pelantaran surga. Perbanyak amal salih di dunia tanpa perhitungan karena rahmat Allah Subhanahu wa ta'ala dan nikmat di surga kelak tidak akan bisa terhitung.

9. Ingatlah bahwa, "hari ini dunia nyata, akhirat hanya cerita. Kelak akhirat cerita, dunia tinggal cerita."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Cerita Gadis Cantik Rusia Mantap Jadi Mualaf: Islam Bisa Jawab Semua Pertanyaan 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya