Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ternyata Telah Lama Ungkap Fungsi Gunung

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 614 2513037 gunung-semeru-meletus-alquran-dan-sains-ternyata-telah-lama-ungkap-fungsi-gunung-RmsgAL8QQt.jpg Gunung Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 sore. (Foto: Humas BNPB)

GUNUNG Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021. Gunung berapi setinggi 3.676 MDPL yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ini pun mengeluarkan material awan panas hingga abu vulkanis yang sangat tebal.

Adanya peristiwa alam seperti Gunung Semeru meletus ini ternyata sudah lama dijelaskan Alquran dan sains. Diterangkan bahwa gunung memiliki fungsi sebagai pasak Bumi.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ungkap Gunung Selalu Bergerak Dinamis 

Diketahui, Planet Bumi memiliki karakter tebal. Ketebalannya mencapai sekira 3.750 mil dari inti hingga bagian permukaan. Sedangkan bagian kerak Bumi hanya memiliki ketebalan 1 sampai 30 mil.

Dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, dipaparkan bahwa kerak Bumi merupakan bagian lapisan terluar yang menyerupai kulit padat. Sementara bagian dalamnya berupa cairan panas.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Aa Gym: Semoga Allah Menjaga dan Menunjukkan Hikmah 

Melalui struktur ini, kerak Bumi memiliki kemungkinan besar bergerak sehingga dapat menimbulkan getaran atau guncangan. Secara ilmiah, guna mengurangi atau menghambat adanya pergerakan tersebut, maka terjadilah fenomena pelipatan kerak Bumi.

Ilmu pengetahuan modern kemudian menemukan bahwa jalur pegunungan yang terbentuk dari fenomena lipatan tersebut berperan penting untuk menjaga stabilitas kerak Bumi dari guncangan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Penjabaran ini sesuai dengan gambaran yang disampaikan Dr Frank Press, ahli geologi yang pernah menjadi Presiden Akademi Sains di Amerika Serikat. Ia sebagai salah satu penulis buku 'Earth' yang menggambarkan dalam tulisannya bahwa gunung berbentuk seperti pasak.

Permukaan gunung yang dilihat manusia dan menjulang ke permukaan tanah hanya sebagian kecil dari keseluruhan gunung. Bagian gunung yang lain yaitu akarnya tertanam di dalam Bumi.

Baca juga: Gunung Meletus Tanda Kiamat Makin Dekat? Ini Kata Ustadz Abdul Somad 

Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Alquran sekira 14 abad lalu. Dalam beberapa ayat dijelaskan bahwa gunung diciptakan agar Bumi tidak guncang. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran:

وَجَعَلْنَا فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِهِمْ وَجَعَلْنَا فِيهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ

Artinya: "Dan telah Kami jadikan di Bumi ini gunung-gunung yang kukuh supaya Bumi itu (tidak) guncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di Bumi itu jalan-jalan yang luas agar mereka mendapat petunjuk." (QS Al Anbiya: 31)

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Ustadz Das'ad Latif: Doa Penting, Bantuan Juga Sangat Dibutuhkan 

Allah Subhanahu wa ta'ala juga berfirman dalam ayat lainnya di kitab suci Alquran:

أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا

وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا

Artinya: "Bukankah Kami telah menjadikan Bumi itu sebagai hamparan? Dan gunung-gunung sebagai pasak?" (QS An-Naba: 6–7)

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Gus Miftah: Perbanyak Zikir Sambil Minta Pertolongan Allah 

Allah Subhanahu wa ta'ala kembali berfirman:

وَأَلْقَىٰ فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya: "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk." (QS An-Nahl: 15)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Hijrah Ony Syahrial si Dubber Crayon Shinchan, Berawal Ikut-ikutan Iktikaf di Masjid 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya