Share

Sosok Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Warga Indonesia Pertama yang Menjadi Imam Besar Masjidil Haram

Cita Zenitha, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 614 2697659 sosok-ahmad-khatib-al-minangkabawi-warga-indonesia-pertama-yang-menjadi-imam-besar-masjidil-haram-k4xzWNPi7V.jpg Sosok Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, warga Indonesia pertama yang menjadi imam besar Masjidil Haram. (Foto: Istimewa/Wikipedia)

SOSOK Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, warga Indonesia pertama yang menjadi imam besar Masjidil Haram. Orang Arab bukan satu-satunya yang bisa menjadi imam besar di Masjidil Haram. Seorang warga negara Indonesia bernama Ahmad Khatib Al-Minangkabawi membuktikannya.

Menjadi imam besar Masjidil Haram tentu tidak mudah. Banyak seleksi ketat dan syarat yang harus dilalui. Seorang imam besar harus bereputasi baik dan dipilih oleh Pemerintah Arab Saudi.

BACA JUGA:100 Ulama Bertugas di Masjidil Haram untuk Jawab Pertanyaan Para Jamaah 

Bukan hanya kedalaman ilmu agama yang dinilai. Kecerdasan intelektual hingga kualitas suara yang prima merupakan salah satu kriteria dalam memilih imam besar.

Ahmad Khatib Al-Minangkabawi menjadi sosok yang mampu memenuhi syarat tersebut. Siapa sebenarnya Ahmad Khatib Al-Minangkabawi? 

 

Kali ini Okezone akan mengenalkan sosok Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, warga Indonesia pertama yang menjadi imam besar Masjidil Haram.

Ahmad Khatib Al-Minangkabawi lahir pada tanggal 26 Juni 1860 di Kota Tuo, Sumatera Barat. Ulama Indonesia ini berasal dari Minangkabau. Sejak kecil, Syekh Khatib diberkahi dengan kecerdasan yang luar biasa.

BACA JUGA:Masjidil Haram Miliki Robot Canggih, Mampu Jawab Pertanyaan Jamaah dalam 11 Bahasa 

Syekh Khatib pertama kali memasuki kota suci Makkah pada tahun 1871 untuk menunaikan ibadah haji. Dia berusia 11 tahun saat itu.

Syekh Khatib tidak mau kembali ke tanah kelahirannya karena belum menyelesaikan hafalannya. Hingga akhirnya Syekh Khatib belajar pada seorang ulama besar di Makkah. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Sejak kecil Syekh Khatib sudah belajar agama kepada ayahnya Syekh Abdul Lathif. Bahkan, Syekh Abdul Lathif juga sudah hafal surat-surat Alquran.

Kehadiran Syekh Khatib sebagai tokoh terkemuka di Syafi'i menjadi jembatan antara dua ulama besar Indonesia. Dua ulama besar yang saat ini menjadi murid Syekh Khatib adalah KH Hasyim Asy'ari dan KH Ahmad Dahlan.

Tentu Saja dua tokoh utama besar tersebut menjadi tombak berdirinya organisasi Islam di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Syekh Abdul Lathif juga memiliki banyak murid yang ingin diajar fikih Syafi'i olehnya.

Kecerdasan Syekh Khatib sudah lama dikenal. Syekh Khatib tidak hanya menjadi imam besar Masjidil Haram, tetapi juga menjadi guru di Masjidil Haram.

Sepanjang hidupnya, Syekh Khatib menjadi tombak Mazhab Syafi'i. Syekh Khatib juga dikenal sebagai ulama yang memiliki cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Beliau mengembuskan napas terakhir pada 13 Maret 1916.

Demikian informasi mengenai sosok Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, warga Indonesia pertama yang menjadi imam besar Masjidil Haram. Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini