Share

Hukum Wanita Memakai Parfum Menurut Islam Berdasarkan Dalil-Dalil Sahih

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 330 2716931 hukum-wanita-memakai-parfum-menurut-islam-berdasarkan-dalil-dalil-sahih-1i8U75XtEx.jpg Ilustrasi hukum wanita memakai parfum menurut Islam. (Foto: Freepik)

HUKUM wanita memakai parfum menurut Islam sudah tertuang dalam beberapa hadits. Pada dasarnya, sebenarnya wanita dilarang menggunakan wewangian yang mampu menggoda lawan jenis.

Dikutip dari Muslim.or.id, seperti dijelaskan dalam sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berikut ini:

أيُّما امرأةٍ استعطرتْ ثُمَّ خَرَجَتْ ، فمرَّتْ علَى قومٍ ليجِدُوا ريَحها فهِيَ زانيةٌ ، وكُلُّ عينٍ زانيةٌ

Artinya: "Wanita mana saja yang memakai wewangian lalu ia keluar dan melewati para lelaki sehingga tercium sebagian dari wanginya tersebut, maka ia adalah seorang pezina. Dan setiap mata yang melihatnya juga pezina." (HR Abu Dawud nomor 4173, At-Tirmidzi: 2786)

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Selasa 29 November 2022M/5 Jumadil Awal 1444H 

BACA JUGA:Posisi Imam ketika Sholat Jenazah Pria dan Wanita, Ini Penjelasan 4 Mazhab 

Tidak hanya hadits itu, terdapat dalil lain yang mengisahkan tentang Umar bin Khattab. Kala itu sang sahabat Nabi tersebut bertemu wanita dengan wewangian yang sampai tercium olehnya.

أن عمر بن الخطاب خرجت امرأة في عهده متطيبة , فوجد ريحها فعلاها بالدرة , ثم قال : تخرجن متطيبات فيجد الرجال ريحكن , وإنما قلوب الرجال عند أنوفهم , اخرجن تفلات

Artinya: "Ada seorang wanita keluar rumah dengan memakai wewangian di masa Khalifah Umar bin Khattab. Lalu wanginya tersebut tercium oleh Umar bin Khattab. Maka Umar pun memukulnya dengan tongkat. Umar berkata: 'Kalian keluar rumah menggunakan wewangian sehingga para lelaki bisa menciumnya? Sesungguhnya hati para lelaki terfitnah dengan wangi kalian. Keluarlah dalam keadaan tanpa berdandan dan tanpa wewangian'." (HR Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf, 4/370)

Jadi dari dua hadits tersebut bisa disimpulkan bahwa wanita tidak diperbolehkan memakai parfum yang dapat menarik perhatian lawan jenis. Lantas, apakah wanita tidak boleh menggunakan wewangian sama sekali? 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Wangi Parfum yang Dibolehkan

Memang benar ada hadits yang melarang wanita menggunakan parfum, namun bukan berarti wanita sama sekali tidak boleh memakai wewangian. Kenyataannya, terdapat hadits yang menyebutkan soal wangi yang diperbolehkan untuk seorang wanita.

للمرأة أن تتطيب في غير بيتها بما ظهر لونه وخفي ريحه كالورد والياسمين

Artinya: "Boleh bagi wanita untuk menggunakan parfum di luar rumahnya dengan parfum yang tampak warnanya namun samar wanginya, seperti warad dan yasmin." (Syarah Syifa’ul Alil, 6/48)

Adapun perlu diingat, menggunakan parfum di depan suami sangat diperbolehkan. Hal ini bahkan termasuk salah satu cara menyenangkan suami.

Seperti diketahui, sebuah hadits dari Ibnu Majah mengatakan, "Sebaik-baik istri kalian adalah jika suaminya memandangnya, si istri membuat suaminya senang."

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini