Share

Mengenal Surat Madaniyyah Lengkap Ciri-Ciri hingga Contohnya dalam Alquran

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 330 2718618 mengenal-surat-madaniyyah-lengkap-ciri-ciri-hingga-contohnya-dalam-alquran-xLMVIS7PUQ.jpg Ilustrasi surat Madaniyyah. (Foto: Pexels)

SURAT Madaniyyah akan dibahas dalam artikel kali ini. Diketahui bahwa dalam kitab suci Alquran terdapat dua golongan surat yaitu Makkiyyah dan Madaniyyah.

Dikutip dari nu.or.id, Alquran dalam proses penurunannya tidak diwahyukan sekaligus dalam satu waktu, namun turun secara berangsur-angsur dalam jangka waktu 23 tahun.

BACA JUGA:Mengenal Surat Makkiyyah Beserta Contohnya dalam Alquran 

Selama dalam jangka waktu itu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebagai penerima wahyu mengalami dua periode kehidupan, yaitu berada di Kota Makkah sebelum hijrah dan di Kota Madinah setelah hijrah.

Ketika berada di Makkah, surat atau ayat yang turun umumnya berbicara tentang tauhid dan penguatan keimanan. Ini dikenal dengan nama surat Makkiyah.

Sedangkan di Madinah, umumnya berisi aturan hukum dan norma kehidupan bermasyarakat. Ini disebut dengan nama surat Madaniyyah. 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Metode pengelompokkan Alquran merujuk penuturan para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebagai saksi hidup dari turunnya setiap ayat Alquran sebagaimana dijelaskan sahabat Ibnu Mas'ud:

عن عبد الله بن مسعود قال والله الذي لا إله غيره ما أنزلت سورة من كتاب الله إلا أنا أعلم أين أنزلت ولا أنزلت آية من كتاب الله إلا أنا أعلم فيما أنزلت ولو أعلم أحدا أعلم مني بكتاب الله تبلغه الإبل لركبت إليه

Diceritakan dari Abdullah bin Mas'ud, beliau berkata:

"Demi Allah, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, tidak ada satu pun surat dari kitabullah (Alquran) kecuali aku mengetahui di mana (surat tersebut) diturunkan, dan tidak diturunkan satu ayat dari kitabullah kecuali aku mengetahui dalam masalah apa sebab diturunkan. Seandainya ada seseorang yang lebih mengetahui Alquran lebih dariku dan ia dapat didatangi dengan mengendarai unta niscaya aku akan mendatanginya." (HR Bukhari)

BACA JUGA:Surat Al Kahfi Lengkap Ayat 1-110 Buka di Alquran Digital Okezone, Sunnah Dibaca Setiap Malam Jumat 

Ciri-Ciri Surat Madaniyyah 

1. Surat Madaniyyah didominasi ayat-ayat yang panjang.

2. Surat Madaniyah didominasi pembahasan tentang legislasi hukum, hukum ibadah, muamalah, sistem sosial, jihad dan turunannya seperti hukum tawanan, ghanimah, perdamaian, perjanjian, dan gencatan senjata.

3. Jika didahului dengan panggilan: Ya Ayyuha al-Ladzina Amanu (Wahai orang-orang yang beriman) adalah surat Madaniyyah, kecuali pada tujuh tempat, yakni (1) Surat Al Baqarah: 21, (2) An-Nisa': 1, (3) Al Hujurat: 13, (4) Al Baqarah: 168, (5) An-Nisa': 133, (6) Al-Hajj: 1. Pada ayat-ayat tersebut digunakan panggilan: Ya Ayyuha an-Nas (Wahai manusia).

4. Surat-surat yang menyebutkan orang-orang munafik, kecuali Surat Al Ankabut. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Nama-Nama Surat Madaniyyah Berdasarkan Urutan Juz 

QS. Al-Baqarah, QS. Ali 'Imran, QS. An-Nisaa',

QS. Al-Maidah QS. Al-Anfal, QS. At-Taubah, QS. Al-Hajj, QS. An-Nur, QS. Al-Ahzab, QS. Muhammad,

QS. Al-Fath, QS. Al-Hujurat, QS. Ar-Rahman,

QS. Al-Hadid, QS. Al-Mujadilah, QS. Al-Hasyr,

QS. Al-Mumtahanah, QS. Ash-Shaf,

QS. Al-Jumu'ah, QS. Al-Munafiqun, QS. At-Taghabun

QS Ath-Thalaq, QS. At-Tahrim, QS. Al-Insan,

QS. Al-Bayyinah QS. Al-Zalzalah, QS. An-Nashr

Manfaat Mengetahui Surat Makkiyah dan Madaniyyah

1. Menjadi alat bantu dalam menafsirkan Alquran. Dengan mengetahui tempat turunnya ayat dapat membantu memahami ayat tersebut dan menafsirkannya dengan tafsiran yang benar.

2. Mengetahui metode yang dilalui Alquran dalam ajakan atau dakwah Islam.

3. Mengetahui sejarah hidup Nabi melalui ayat-ayat Alquran.

4. Mengetahui sejarah syariat agama (tarikh tasyri’) serta hukum-hukumnya.

5. Sebagai landasan dalam menentukan ayat yang mansukh dan yang nasikh dalam Alquran.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini