Cara Bersihkan Hati yang Kotor Menurut Hadits Rasulullah

Yudistira, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 614 2258740 cara-bersihkan-hati-yang-kotor-menurut-hadits-rasulullah-OXL9a2A7gB.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

HATI yang bersih akan membawa kepada ketenangan hidup dan kekhusyukan dalam beribadah. Sebaliknya, hati yang kotor akan selalu cenderung membawa manusia berbuat maksiat dan selalu diliputi kesengsaraan dalam hidupnya.

Oleh karenanya, menjaga hati agar tetap bersih sangat penting bagi seorang muslim. Banyak berbuat dosa dan lalai akan menyebabkan hati berkarat seperti besi yang terkena air. Seorang hamba yang berbuat dosa maka akan timbul satu titik hitam di hatinya.

Bila ia terus bermaksiat maka titik hitam itu akan semakin menutupi hatinya. Sehingga hilanglah cahaya keinginan untuk berbuat kebajikan dan amal saleh.

Baca juga: 10 Keutamaan Berzikir, Salah Satunya Membuat Wajah Bercahaya

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

عَنِ ابن عُمَرَ رَضَيِ اللٌهُ عَنهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلَيِ عَلَيهِ وَسَلٌمَ اِنٌ هذِهِ القُلُوبَ تَصدَأ الحَدِيدُ اِذَا أصَابَهُ المَاءُ، قِيلَ يَارَسُولَ اللٌهِ وَمَا جِلآوُهَا ؟ قَالَ كَثُرَةُ ذِكرِ الَموتِ وَتلآوَةُ القُرانِ. (رواه البيهقي في شعب الإيمان)

Artinya: Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu'anhuma berkata bahwa Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana berkaratnya besi bila terkena air." Beliau ditanya; "Wahai Rasulullah, bagaimana cara membersihkannya?" Rasulullah menjawab; "Perbanyak mengingat mati dan membaca Alquran," (HR. Al-Baihaqi).

Menukil dari buku Fadilah Amal karya Muhammad Zakkariya Al-Khandhalawi, Syaikh Hasan Bashei rahimahullah mengatakan, orang yang memahami Alquran sebagai firman Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk ditafakkuri dan tadabburi sepanjang siang dan malam, maka ia akan mampu membersihkan hati yang kotor.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bacalah Alquran, karena ia adalah nur (cahaya) bagimu di dunia dan simpanan bagimu di akhirat," (HR. Ibnu Hibban).

Hati yang kotor akan menjadi bersih dengan lebih banyak mengingat mati dan memperbanyak mambaca ayat suci Alquran. Dengan sering membaca Alquran, maka perlahan hati akan memancarkan cahaya taufik dan hidayah yang Insya Allah akan membawa banyak kebaikan dan tentunya syafaat bagi pengamalnya kelak di hari kiamat.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini